Membuat Usaha Sampingan
Dicari marketing Pria - Wanita
Gaji + um + Komisi besar 1 juta s.d 3 juta keatas
Jakarta - Gajah mada Plaza
Sabtu , Minggu juga Bisa
Telp . 021.9140.9440 - rcjakarta@gmail.com
..<< Peluang Usaha >>..

Wednesday, 24 September 2008

Prospek Dan Potensi Lada

Melihat perkembangannya hampir setiap tahun lada mengalami kenaikan harga sesuai dengan kurs dolar yang berlaku. Pasar potensial lada hitam dan lada putih tidak hanya didalam negri saja. tetapi juga luar negri. Kurang lebih sekitar 85% dari total produksi lada Indonresia diexport keluar negri hingga saat ini.

Negara-negara pengimpor dan konsumen lada dari Indonesia diantaranya adalah Argentina, Australia, Algeria, Brasil, Belgia, Kanada, Denmark, Jerman, Jepang, Belanda, India, Iran, Italia, RRC, Yunani, Perancis, Tunisia, Swedia, Arab Saudi, Inggris, Amerika Serikat, Yugoslavia, Peru, Rusia, negara-negara Eropa serta negara-negara kutub yang lain.

MANFAAT & KEGUNAAN LADA
Lada putih dan lada hitam memiliki bayak seali manfaat dan kegunaan. Didaam lada terdapat kandungan zat kimia antara lain minyak eteris, resin, alkaloid dan beberapa jenis senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lada dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak yang biasa dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga, restoran , rumah makan misanya soto, gulai, nasi goring, rending, mie rebus da lain-lain. lada berfungsi sebagi pemberi aroma dan rasa sedap yang lebih baik daripada cabai karena mengandung zat resin, piperin , amidon dan selulosa yang bersifat khas yang tidak terdapat pada cabai.

Lada dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran obat-obatan yang diproses secara modern maupun tradisional seperti jamu jawa dengan dihaluskan terlebih dahulu baru kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain.

Produk obat modern yang dikemas dalam bentuk tablet maupun kapsul pada umumnya mengandung lada dalam jumlah tertentu.Diosis yang dipakai tergantung pada jenis obatnya. Untuk membuat obat gosok dosisnya lebih besar dibandingkan membuat obat jenis lain karena obat gosok memerlukan lebih banyak bahan yang pedas dan panas.

Lada dapat juga dipergunakan sebagai campuran pembuatan minuman kesehatan dan penghangat tubuh yang memiliki fungsi utama untuk menyegarkan dan menghagatkan tubuh serta menjaga agar suhu tubuh tetap normal meskipun suhu udara kurang dari 0o derajat.

Lada hitam dapat dipergunakan sebagai bahan pembuat parfum karena masih mengandung resin. Bila disuling resin akan keluar menjadi minyak lada yang beraroma merangsang dan eksklusif. Lada putih tidak dapat disuling untuk diambil miyaknya karena tidak memiliki kulit luar yang mengandung resin sepetti halnya lada hitam..

SEKILAS BUDIDAYA LADA
Untuk mendapatkan hasil yang maximal tanaman lada dapat dipanen pada saat berumur 3 tahun. Pemanenan lada meliputi panen raya, panen kecil dan panen selang. Pemanenan buah lada dilakukan secara bertahap . Yang masih muda ditinggalkan dan bisa dipetik setelah masak.

Buah yang dipanen ini pada panen raya memiliki kualitas yang bagus dan produksinya paling banyak. Buahnya berbobot dan besar-besar sementara buah yang keriput sangat sedikit. Setiap pohon dapat mencapai panen 4 kg lebih. Panen raya dilakukan pada bulan Juni

Pada panen Kecil buah yang didapatkan lebih sedikit dari panen raya.karena tidak semua dahan ditumbuhi bunga. Panen kecil biasanya dilakukan pada bulan Nopember.

Panen Selang adalah panen yang pertamakali / panen perdana. Pada panen selang ini biasanya hanya diperoleh sekitar 1/5 kilogram perpohonnya karena bunga buah hanya tumbuh pada dahan –dahan yang berada pada pangkal tanaman.

Lada yang dipanen adalah yang sudah tua dengan warna putih kekuningan. Buah lada yang masak memiliki kulit luar yang berwarna kuning / kemerahan. Buah yang masak dan tidak langsung dipanen akan jatuh ketanah dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk memungutnya. Disamping itu kualitas buah menjadi kurang baik karena akan berwarna hitam.

Penyimpanan dilakukan setelah masa pemetikan berlangsung dengan dimasukkan kedalam kantong plastic. Setelah empat hari penyimpanan buah harus segera diolah menjadi lada hitam atau putih. Buah lada yang disimpan lebih dari waktu yang ditentukan akan menurun kualitasnya karena ditumbuhi cendawan.

Pengolahan untuk menghasilkan lada putih meliputi perendaman, pencucian dan pengeringan. Setelah direndam buah lada digilas dengan telapak kaki / tangan shg kulit luar, tangkai mengelupas. Setelah itu baru dilakukan pencucian. Setelahnya lada dikeringkan dengan sinar matahari selama kurang lebih 3 hari untuk menurunkan kadar air hingga mencapai 15% .

Pengolahan menjadi lada hitam pada dasarnya hanyalah mengeringkan dan memisahkan buah dari tangkainya tanpa menghilangkan kulit luarnya. Pengeringan dibawah sinar matahari dilakukan sampai kulit lada berubah warna menjadi hitam. Pengeringan dianggap selesai ketika kadar air mencapai 15%.

Buah hasil pengeringan disimpan dengan media karung goni. Penyimpanan yang baik adalah didalam ruangan yang kering dengan suhu 20 – 30 derajat Celcius. Buah lada yang sudah kering dapat disimpan kira-kira selama tiga tahun.

Tahap terakhir adalah proses pengemasan. Pada fase ini buah lada dikemas dengan menggunakan karung goni untuk kemudian disimpan sebelum dipasarkan.

KRITERIA PASOKAN LADA
Lada yang yang dipasok ke-penampung adalah lada putih atau lada hitam kondisi kering dengan kadar air rata-rata berkisar antara 12% s/d 15 %. Pada waktu musim kemarau kadar seperti itu bisa diperoleh dengan proses pengeringan sekitar 3 s/d 5 hari. Pengemasan lada putih maupun lada hitam yang diminta adalah denga menggunakan karung plastik.

Usaha Batik
Usaha Kecantikan
Konro daeng basso
Batik serat alam digandrungi

No comments:

Other

Topic Lainnya :
Digg!

Powered by FeedBurner

fashion Blogs - Blog Catalog Blog Directory My BlogCatalog BlogRank Join My Community at MyBloglog!
Butuh Batu Bara