Sunday

Apakah arti dan maksud SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah hal yang paling hangat diantara para internet marketer.Revolusi SEO dipicu oleh lahirnya Google Search Engine yang sangat diminati masyarakat di seluruh dunia karena kecepatannya. Calon pembeli kini mengunakan Search Engine seperti Google di internet untuk mencari barang yang dibutuhkannya. SEO diperlukan produsen atau pemilik bisnis untuk memudahkan Search Engine mengenali situsnya di internet. Trafik yang besar menunjukkan sebuah situs digemari oleh pengunjungnya, buat apa membuat situs yang bagus designnya, canggih progamingnya tapi sepi pengunjungnya. Bagi pemilik bisnis online baik perorangan maupun badan usaha adalah kesalahan fatal alias kerugian besar karena produknya tidak laku. Pada saat inilah pemilik bisnis harus segera men SEO kan situsnya.



Harapan pemilik bisnis online adalah situs (website)nya berada di urutan teratas atau halaman terdepan pada hasil pencarian search engine (yang dikenal dengan search engine result pages/serp) ketika calon pembeli melakukan pencarian di Google. 85% pengguna search engine akan meng-klik 3(tiga) halaman pertama pada hasil pencarian. Kalo situs anda muncul di halaman 99 siapa yang mau mengklik ? bagaimana caranya website kita muncul pada hasil pencarian search engine untuk keyword - keyword yang relevan dengan content website kita? Lebih jauh lagi bagaimana caranya supaya website kita bisa muncul pada urutan teratas agar dapat menarik lebih banyak pengunjung?

SEO adalah sebuah teknik agar halaman web dapat dibaca dengan lebih baik oleh search engine (terutama the big 3 search engine: Google, Yahoo dan MSN/Live). Proses SEO dapat melibatkan halaman web itu sendiri, namun tidak menutup kemungkinan juga melibatkan website yang lain (terutama google yang mengandalkan kekuatan backlink). Tidak semua jenis website dapat terbaca dengan baik oleh search engine.

Website yang menggunakan full flash sampai saat ini sama sekali belum dapat dibaca dengan baik oleh search engine, sedangkan website yang memenuhi standard W3C akan dapat dibaca dengan sempurna oleh search engine. Search engine juga akan kesulitan membaca web yang menggunakan navigasi Flash, JavaScript, frame dan AJAX yang baru populer saat ini. Banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO. Selain itu, aturan (dalam search engine sering disebut alogaritma karena memang sebenarnya persamaan matematika) search engine untuk meng-index hasil pencarian juga sering berubah (contoh: Google).

Oleh karena itu SEO dapat dikatakan sangat dinamik karena aturan berubah dari waktu ke waktu. SEO menjadi sebuah cabang ilmu sendiri di luar webdeveloping, webdesign dan web proggramming. SEO sangat luas ,kalau dahulu kita tinggal submit ke 3 besar search engine, sekarang tidak cukup dengan itu saja. Teknik SEO sungguh sangat banyak dan beragam bahkan setiap ahli (master) SEO mempunyai teknik tersendiri yang biasanya dirahasiakan. Sudah kah website Anda ter SEO kan ?

Source : seo-jakarta.com

0 comments: