Membuat Usaha Sampingan
Dicari Supervisor - Karyawan TOKO pria - wanita
Tang City dan Taman Palem dan Poris
Telp . 021.9140.9440

LOWONGAN KASIR - WAITER - TUKANG MASAK
WANITA
0817.9108.005
..<< Peluang Usaha >>..

Thursday, 16 April 2009

Ulat Sutra Sebagai Media Belajar

Ulat Sutra Untuk AnakOleh-oleh Ulat Sutra Sebagai Media Belajar Anak,
Bandung - Datang ke satu tempat wisata akan terasa kurang tanpa buah tangan. Begitupun di Padepokan Dayang Sumbi, Desa Pamoyanan, Jalan Arcamanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Berbagai buah tangan serba sutera bisa ditemukan dari mulai batang pohon murbei yang siap ditanam, kain sutra, kerajinan sutra, kerudung sutra, bahkan ulat sutranya pun bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Menurut Euis, pegawai Padepokan Dayang Sumbi, oleh-oleh ulat sutra bisa dibilang paling laris. Oleh-olehnya berupa dua ulat sutra yang ditaruh di wadah bekas air mineral. Ulat tersebut disimpan bersama makanannya yaitu daun murbei. Penggemarnya paling banyak anak-anak sekolah. Harganya lumayan murah yaitu Rp 5 ribu.

Ulat-ulat yang dibeli itu nantinya akan berubah menjadi kepompong. Proses metamorfosis ulat menjadi kepompong inilah yang menjadi oleh-oleh lain yang dibawa pulang pengunjung. Dengan begitu, pembeli tidak sekadar membeli, tapi mendapat bonus pengetahuan tentang ulat.

"Proses edukasi terus berlanjut sampai di rumah," ujar Dedi Agus Wirantoro (38) pengelola Padepokan Dayang Sumbi .

Selain oleh-oleh ulat, kain sutra tentu menjadi incaran lainnya. Dedi mengatakan dirinya sedang melakukan spesialisasi produk. Di mana kain-kain yang dijual tidak umum tapi dibuat secara khusus dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). "Saat ini mengembangkan ke arah sana," tutur Dedi.

Produk kain yang dijual Dayang Sumbi, diantaranya kain sutra polos dan kain sutra dengan lukisan batik. Kain sutra polos dijual dengan harga� Rp 95 ribu-Rp 125 ribu per meternya. Sedangkan kain sutra dengan lukisan batik dijual seharga Rp 2 jutaan per satu set.

Suvenir lain yang khas adalah bunga-bunga yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Bunga ini cocok sebagai aksesoris, interior rumah atau aksesoris untuk mempercantik sepatu. Harganya berada di kisaran Rp 8 ribu sampai Rp 125 ribu.

"Tapi oleh-oleh yang lebih dari barang adalah oleh-oleh yang terpenting adalah pengalaman unik yang didapatkan bersama ulat sutera," ujar Dedi.

Detik dot com

Berkebun Jambu Biji Merah
Jual Batu Bara
Cari Kredit Notebook
Cari Kerja Sambilan
Ternak Kelinci Menghasilkan Devisa
Usaha Ternak Kelinci

No comments:

Other

Topic Lainnya :
Digg!

Powered by FeedBurner

fashion Blogs - Blog Catalog Blog Directory My BlogCatalog BlogRank Join My Community at MyBloglog!
Butuh Batu Bara