Wednesday

Usaha Franchise

membangun usahaFranchise atau ....
Buka Usaha Sendiri?Minggu IV, November 2008Franchise kelihatannya jauh lebih mudah daripada membuka usaha sendiri. Tinggal siapkan uang, usaha sudah jadi. Tidak perlu coba-coba atau repot membuat sistem. Tapi konsekuensinya adalah dana yang - buat sebagian orang - cukup besar untuk bisa mengambil franchise.

Kalau buka usaha sendiri, pastinya kita harus membangun usaha itu betul-betul dari nol. Seorang teman saya yang membuka usaha laundry misalnya, harus mempersiapkan banyak hal sendirian.

Mulai dari lokasi, peralatan, tenaga kerja, serta promosi agar dikenal oleh masyarakat. Belum lagi jika ada hal-hal yang terjadi di luar perencanaan dan membuat anggaran jadi bengkak.

Sekarang mau pilih yang mana? Franchise atau buka usaha sendiri? Perlu dilihat apakah sistem franchise sesuai dengan karakter anda sebagai pemilik usaha.

Franchise akan sangat cocok terutama bagi yang tidak pernah punya pengalaman usaha sebelumnya dan tidak mau direpotkan dengan pembuatan sistem atau operasional usaha. Franchise bisa memberikan kemudahan dan risikonya cukup rendah dibandingkan dengan membuka usaha sendiri.

Sebaliknya, franchise tidak disarankan untuk orang yang ingin mengembangkan usaha sendiri tanpa didikte atau diatur orang lain dan siap menerima resiko yang lebih besar.

Apapun pilihannya, yang terpenting adalah keseriusan anda dalam menjalankan usaha. Terus pertahankan mindset bisnis positif yang fokus pada solusi. Believe me, sukses hanyalah masalah waktu saja. Tetap semangat!

Source -eli- : dexton.adexindo.com

0 comments: