Membuat Usaha Sampingan
Dicari Supervisor - Karyawan TOKO pria - wanita
Tang City dan Taman Palem dan Poris
Telp . 021.9140.9440

LOWONGAN KASIR - WAITER - TUKANG MASAK
WANITA
0817.9108.005
..<< Peluang Usaha >>..

Wednesday, 5 November 2008

Menjahit Laba Bordir Plus

Jakarta - Pakar bisnis pernah mengatakan, untuk bisa terjun kedunia bisnis setidaknya orang harus tahu pasar apa yang akan menjadi incaran bisnis yang akan digelutinya.

Banyak pilihan yang bisa dipilih, mulai dari bisnis yang berbasis hobi, bisnis segmen usia, bahkan segmen yang memanfaatkan keinginan orang atau perusahaan untuk berpromosi.

Salah satu yang bisa digeluti adalah bisnis bordir khusus promo produk perusahaan. Bisnis ini terbilang masih jarang, pemainnya pun masih terbatas.

Sebut saja Bordir Plus+, bisnis jasa jahit-menjahit ini menawarkan kemitraan usaha promosi dengan berbagai bentuk produk diantaranya bordir topi untuk promosi, kaos promosi, jaket dan lain-lain.

Dengan tawaran mesin bordir yang memakai teknologi tinggi, dioperasikan secara komputerisasi. Kemitraan bisnis Bordir Plus+ memberikan kemudahan usaha dan peluang usaha yang menggiurkan.

Berawal dari sebuah toko bordir di kawasan Senen Jakarta pada tahun 1994, Bordir Plus+ mulai merambah ke bisnis bordir modern dengan menawarkan kemitraan sejak tahun 2004, waktu itu mitra pertama berlokasi di Makasar lalu berkembang ke beberapa wilayah lainnya.

Menurut Manajer Promosi Bordir Plus+ Dita, mengatakan bahwa bisnis Bordir Plus+ memberikan tawaran kemitraan penjualan mesin bordir dengan suplai bahan baku yang disiapkan oleh pemberi mitra yaitu Bordir Plus+.

"Yang mau bermitra setidaknya butuh modal Rp 200 juta, sudah termasuk perlengkapan komputer dan software, bahan baku, training SDM 3 orang, ini di luar sewa tempat," jelas Dita.

Dari modal awal sebesar Rp 200 juta, mitra akan mendapatkan suplai bahan baku dalam bentuk topi, kaos, jaket dan lainnya senilai Rp 10 juta sebagai modal awal.

Dengan mesin buatan China berkecepatan 900 topi per hari, bisnis bordir plus bisa menjadi pilihan peluang usaha anda. Bisnis ini terbilang mudah dioperasikan karena semuanya sudah diterapkan sistem komputerisasi. "Kita berikan garansi mesin 1 tahun," ujarnya.

Hingga kini setidaknya sudah ada kurang lebih 17 outlet Bordir Plus+ di seluruh Indonesia diantaranya 13 outlet yang berlokasi Jakarta dengan status cabang resmi dan beberapa mitra berlokasi di Bandung, Makasar. Manado, Timika, Bali Surabya dan lainnya.

"Kita memang mengembangkan konsep bisnis bordir yang berani masuk mal, didukung dengan mesin komputer maka hasil lebih cepat, sasaranya pun menengah keatas," jelas Dita

Sebagai gambaran saja harga jual produk yang ditawarkan antara lain untuk harga topi Rp 25.000 sampai Rp 50.000, Jaket Rp 125.000-Rp 150.000, kaos Rp 50.000-Rp 75.000, kemeja Rp 125.000 dan lainnya.

Dari harga jual sebesar itu, lanjut Dita, modal bahan baku hanya kurang lebih 20% sampai 30% saja, sedangkan jasa biaya bordir hanya berkisar 10% sampai 20% dari harga jual, artinya keuntungan yang bisa diraup bisa mencapai 40% hingga 50%. "Tapi ini tergantung jenis barang dan ukuran dari bordiran," jelas Dita.

Untuk bisa mencapai pendapatan maksimal, setidaknya mitra harus mampu mengejar omzet per harinya Rp 1 juta, atau Rp 30 juta perbulannya. "Dari pengalaman mitra kami sebelumnya setidaknya 18 bulan bisa kembali modal," ungkapnya berjanji.

Bisnis bordir dikatakan Dita, sangat cerah mengingat kebutuhan promo setiap perusahaan dan perorangan sangat tinggi khususnya untuk media-media souvenir sebagat tanda mata perusahaan.

"Bisni ini punya peluang, alasannya semua orang butuh promosi, pribadi saja ingin mempromosikan diri dengan tampil beda lewat topi atau kaos," kilahnya.

Mengenai pasar, ia mengatakan bahwa bordir Plus+ lebih membidik pasar pengunjung mall khususnya pasar anak muda, lingkungan perkantoran baik perusahaan maupun pembeli ritel perorangan.

"Kalau di mall mobilitas orang tinggi, tentunya dengan biaya sewa yang tinggi pula," katanya.

Bisnis yang Mudah Ditiru

Salah satu kelemahan dari bisnis ini mudah ditiru oleh orang lain baik itu kompetitor atau lainnya. Sehingga upaya inovasi dalam betuk bordir model-model baru sangat menentukan bisnis semacam ini.

Selain itu, untuk bisa mendapat konsumen yang berskala besar, pengelola bisnis ini harus pintar-pintar melakukan promo-promo khusus untuk menyasar langsung konsumen perusahaan. Mengingat konsumen semacam ini akan memberikan pesanan yang tidak tanggung-tanggung dalam jumlah besar.

"Bagi mitra yang mendapat order besar, mereka tidak sanggup maka kita bisa sharing orderan ke Bordir Plus pusat, tentunya dengan bagi hasil yang menguntungkan," paparnya.

Dita menambahkan, bahwa bisnis bordir semacam ini selain mendapat pesanan rutin harian dari ritel maupun perusahaan. Pada kondisi-kondisi tertentu akan mendapat kebanjiran pesanan seperti saat-saat 17-an pada bulan Agustus atau kondisi pergantian tahun.

"Akhir tahun pun ramai karena biasanya ada pergantian seragam kantor, dan seragam sekolah," imbuhnya.

Bahkan ia optimis, menjelang pemilu 2009 nanti, bisnis bordir akan siap kebanjiran pesanan termasuk permintaan kaos bordir, rompi, jaket dan topi pemilu. Anda bisa menghubungi :

Bordir Plus+
Kantor Pusat Ruko Atrium Senen Blok A No 2 Jakarta Pusat
Telp: 021-98527385, 99277730, 99277740

(hen/ddn)
Source : Detik.com

No comments:

Other

Topic Lainnya :
Digg!

Powered by FeedBurner

fashion Blogs - Blog Catalog Blog Directory My BlogCatalog BlogRank Join My Community at MyBloglog!
Butuh Batu Bara